proposal deklarasi kab. bombana




   ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
                                     SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
 

Latar Belakang
Keterpurukan  ekonomi  yang hingga kini mampu Menggerogoti Jiwa Kemerdekaan Sosial pada  rakyat  bumi  pertiwi secara umum dan secara khusus Propinsi Sulawesi Tenggara. Jalanan yang menjadi pelataran turis lokal  yang  tak lain adalah kaum-kaum borjuis dari kalangan para tokoh-tokoh politisi dan para pelaku–pelaku birokrasi dengan tujuan tidak lain hanya untuk menilai Konstalasi Ekonomi yang berlangsung sampai sekarang ini,  memuaskan mereka dengan tontonan ketidakadilan yang berbuah kemelaratan abadi pada rakyat  lemah.
Jalanan yang  pinggiranya telah dikuasai oleh kaum lemah, sebagai pelataran utama bagi mereka guna menggantungkan nasib demi mengkais rejeki untuk sesuap nasi, entah beralaskan tikar bahkan bumi langsung sebagai lantai untuk memamerkan barang dagangan yang bermacam-macam kepada kalangan kaum berada.
Para kalangan minoritas yang berlindung pada Rezim yang buta, membawa mereka dalam kesengsengsaraan hidup di bawah naungan ideologi bangsa yang bobrok, yang mengkomersilkan keadilan sebagai pemuasan keserakahan para pelaku birokrasi atau bisa juga disebut Penakar Hukum serta Keadilan itu katanya.
Jalanan mempertontonkan buah dari jeri payah para pahlawan yang telah dialihkan secara perlahan kerana yang tidak seharusnya.Hukum yang ditegakan sebagai tongkat keadilan masih tidak mampu mengayomi rakyat  yang lemah. Bentangan kehancuran yang  kian terjadi dimana-mana di berbagai pelosok kemudian menjadi karpet mulia untuk meletakan kaki para pejabat yang memperdagangkan suara rakyat demi mencapai kemakmuran pribadi.
Jika kemudian lahir pembangkangan dari rakyat yang lemah, yang tak lain didorong oleh kelaparan yang berbuah tindakan membabi buta, mereka diatasi dengan cara yang mudah tak lain dengan menggerakan para malaikat-malaikat bumi yang telah beralih fungsi sebagai Budak Kapitalis yang tertekan oleh keadaan Sistem Pemerintahan.
Dilahirkanlah isu dari lisanan Kaum Terpelajar atau Kaum Akademisi bahwa kalangan Premanisme hanyalah kalangan anak-anak yang menyia-nyiakan waktu mudahnya dan memiliki keterbatasan ilmu pengetahuan, tanpa berpikir secara mendasar atau meninjau sifat kausalitas terlebih dahulu, apa yang mendasari sehingga berbuah tindakan yang  menghasilkan kekacauan dimana-mana.
Mereka tidaklah pantas untuk dipersalahkan, jika kita mampu berpikir lebih mendasar. Tindakan  arogansi hanyalah luapan kelaparan dan kemarahan yang dikarenakan keadaan yang kemudian mampu mendorong mereka kedunia Fana. Pendidikan yang sulit bagi orang - orang yang tak berpunya, membuat mereka enggan untuk berpikir lebih jauh terhadapIlmu atau pendidikan Formal.
Terkadang kita banyak mendapati mereka pada tiap-tiap sudut jalan dengan memegang sebatang kayu kecil yang berhias tutup botol, dengan menggantungkan harapan besarakan belas kasih, dengan penuh percaya dirinya, ia pun  melantunkan sebuah lagu yang tujuannya menyenangkan hati kalian guna mengharap rasa terimakasih dalam bentuk materi.


      ORGANISASI  PEMERHATI MASYARAKAT
SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya


Mereka yang menenteng krupuk, serta berpanas–panasan bertaruh dalam hiruk pikuk keramaian kota, Sengatan terik Matahari yang menyengat, hanyalah sebuah hiasan bagi mereka karna telah terbiasa akan semua itu.
Keadilan dan kebenaran serta amandemen Undang-Undang yang hampir tiap bulan diadakan atau dirapatkan itu, tidak mampu Meminimalisir jumlah Pengangguran, Kriminalitas, bahkan pengemis yang berserahkan itu.
Apakah kita sebagai insan yang Mulia yang dibekali akal dan pikiran yang disempurnakan dengan hati nurani itu harus menutup indra kita dari hal–hal demikian…..??
Sedikit kesempatan dan waktu untuk kemudian menyatukan pemikiran serta harta benda guna membangun program perlawanan yang terorganisir secara Sistematis demi menegakkan Kemerdekan yang utuh yaitu Kemerdekaan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Partai Politik yang begitu banyak, yang menampung kaum-kaum Politisi dan kaum-kaum pemikir tak lain adalah Mesin yang memeras suara Rakyat sebagai cukong perusahaan-perusahaan asing yang memperbudak kita hingga sekarang ini.
Saat kita bergantung nasib di bawah teras para Bangsa Asing yang memiliki bangunan megah itu, menjajakan dagangan mereka yang mewah dan indah, maka dijadikanlah kita Pribumi sebagain penonton-penonton setianya.
Saya sadar bahwa Pendidikan yang sekarang ini telah menggiring kita ke tempat yang amat jauh dari Kemuliaan itu,Moral dalam dunia Pendidikan telah terhapuskan, bahkan hal yang amat Tragis telah nampak kepermukaan Dunia sebagai Realita, dimana Agama telah ditumpangi oleh Kepentingan Politik. Sesungguhnya kita satu, sesungguhnya kita cerdas untuk mengingat masa – masa Heroik saat saudara – saudara kita yang rela mengorbankan nyawa demi menyelamatkan Bangsa  Indonesia ini. Bukanlah hal yang seperti sekarang ini yang mereka harapkan Saudara. Bukan pula Penindasan yang mereka inginkan sebagai buah jeri payah Perjuangan mereka. Mereka menitipkan tujuan Kemuliaan itu pada Generasi sekarang, serta yang akan datang.

Nama Kegiatan
Deklarasi Organisasi Pemerhati Masyarakat Sulawesi Tenggara (OPM-Sultra) Cabang Bombana dengan susunan agenda sebagai berikut :

Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan ini taklain adalah menciptakan kebersamaan baru serta menghilangan pertentangan diberbagai pihak dari berbagai kalangan masyrakat akan ketidak adilan hukum pemerintahan, ekonomi, dan lain sebagainya peningkatan sumber daya manusia akan mampu memberi dampak positif yang akan membawa perubahan kerana yang lebih stabil dalam kehidupan bermasyarakat jika asas dan dasar utama dalam sebuah sistem berlandaskan asas kebijaksanaan yang dimana nilai kebijaksanaan inilah yang terkandung dalam tiap-tiap poin pancasila, sebagai falsafah berbangsa dan bernegara kita.
Program yang akan menyentuh masyarakat dari tiap tiap kegiatan kami nantinya akan mempergunakan masyarakat langsung sebagai eksekutor atau pelaksananya, demi menjaga hubungan emosional yang lebih baik serta menjalin keakraban lebih baik lagi, dan menjadi nilai tambah keilmuan dan kemapaman mental kepada masyarakat nantinya.

        ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
                                     SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
           
Pelaksanaan Kegiatan
Hari                                                                 :Rabu
Tanggal/ Bulan/Tahun                         : 28 Januari 2015
Jumlah Masa                                                   : 50 Orang
Rute                                                                :Kec. Poleang Utara, Kab. Bombana

Sumber Anggaran
Sumber anggaran dari semua program yang kami susun, kami harapkan kepada tokoh tokoh masyarakat dan pemerintah setempat yang ingin ikut membangun dan menopang kegiatan kami nantinya. Serta usaha dari pengurus dan anggota Organisasi Pemerhati Masyarakat Sulawesi Tenggara yang halal dan tidak mengikat tentunya.

Estimas Anggaran
Rp 12.635.000,00 (dua belas juta enam ratus tiga puluhl ima ribu rupiah).

Stretegi dan Taktik:
1.Pembentukan Ketua Cabang Bombana
            Yaitu bertujuan untuk mengontrol serta memantau dinamika yang terjadi di daerah Bombana, serta mampu mamberikan pemikiran-pemikiran atau ide–ide terkait dengan kelebihan dan kekurangan daerah Bombana, setelah Ketua Cabang Bombana sudah di tentukan maka ketua Cabang Bombana mengadakan Basic Training dengan kajian pentingnya ilmu pengetahuan dan memberikan gambaran–gambaran terkait dengan  konstalasi yang terjadi di bumi Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara, serta kajian tentang kehidupan dunia, dan landasan berpikir yang sehat. Tujuannya adalah agar Ketua Cabang Bombana bisa membentuk perangkat–perangkat kerja dari masyarakat untuk menjalankan visi dan misi Organisasi Pemerhati Masyarakat Sulawesi Tenggara (OPM - Sultra), setelah perangkat–perangkat Ketua Cabang Bombana terbentuk, maka Ketua Cabang Bombana mengadakan berbagai macam kegiatan–kegiatan.

2. Penetapan Sekretariat Ketua Cabang Bombana
Yaitu bertujuan sebagai sarana pengkaderan, diskusi keilmuan, dan sebagai tempat untuk merancang kegiatan di dalam menyusun program–program yang akan dilaksanakan oleh Ketua Cabang Bombana di dalam kehidupan bermasyarakat dan setiap program–program yang akan dilaksanakan langsung menyentuh masyarakat.

3. Kegiatan Festifal Kebudayaan
Yaitu dengan kegiatan festifal kebudayaan ini dapat langsung menyentuh masyarakat dan akan membawa masyarakat kearah yang lebih baik. Dengan melihat, mengkaji, dan memutuskan dengan keadaan yang terjadi pada hari ini banyak masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sulawesi Tenggara, lebih khususnya masyarakat Bombana telah mengadopsi budaya-budaya barat  yang membawa masyarakat  Bombana kerana kehancuran moral, etika, dan estetika yang sangat berdampak buruk di dalam lingkungan bermasyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari–hari. Bahkan lebih parahnya lagi masyarakat  Bombana, dengan munculnya budaya–budaya barat  yang hadir di tengah-tengah masyarakat
    ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
           
dijadikan sebagai rujukan untuk menjalankan proses kehidupan bermasyarakat di dalam kehidupan sehari–hari dan melupakan budaya-budaya yang seharusnya menjadi satu kebanggaan di daerah Bombana untuk mengimplementasikan di daerah lain.
Maka dari itu, kami mengadakan kegiatan festifal kebudayaan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat Bombana bahwa masyarakat Bombana wajib menjunjung nilai-nilai kebudayaan daerah Bombana dan mengenalkannya di daerah luar, serta menguzurkan atau menghilangkan budaya-budaya barat yang telah membawa masyarakat Bombana di dalam kehidupan yang penuh dengan kerusakan dan kehancuran moral, etika, dan estetika. Dengan kegiatan festifal kebudayaan yang akan di lakukan oleh Ketua Cabang Bombana sebagai bentuk pencitraan dan menarik perhatian masyarakat, maka sebagai akibat dari kegiatan ini masyarakat akan mempunyai animo atau ketertarikan serta kesenerjisan untuk sama-sama bergabung menjalankan visi dan misi bersama antara masyarakat dan keluarga besar  Organisasi Pemerhati Masyarakat Sulawesi Tenggara (OPM - Sultra).

4. Pembentukan PAC  Bombana (Pimpinan Anak Cabang)
Setelah pembentukan PAC Bombana sudah terbentuk, maka ketua PAC Bombana akan mengadakan berbagai macam bentuk kegiatan utamanya proses kaderisasi yang berkesinambungan sampai akhir zaman di tiap-tiap kecamatan, dan setiap kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan oleh ketua PAC langsung menyentuh atau dirasakan oleh seluruh masyarakat Bombana dan pemateri-pemateri yang akan dihadirkan adalah tokoh-tokoh pemerintahan Propinsi Sulawesi Tenggara dan yang paling utama materi-materi yang akan di adakan adalah :
1.   Materi tentang Kehidupan Dunia                        2. Materi tentang Sumber Daya Manusia
3.   Materi tentang Pertanian                                      4. Materi tentang Perikanan
5.   Materi tentang Peternakan                                   6. Materi tentang Kebudayaan
7.   Pengaru Media terhadap Kehidupan Sosial       8. Materi tentang Manajemen Ekonomi
9.   Materi tentang Hukum                                          10. Materi tentang Sosial Politik
11. Materi tentang Kebugaran Jasmani

Materi-materi di atas adalah materi  materi yang utama dalam proses kaderisasi dan akan di adakan tiap dua minggu sekali di sekretariat PAC Bombana, agar masyarakat dapat mengetahui tata cara dalam menjalankan proses kehidupan di dunia, lebih khususnya mampu membedakan mana yang harus dijadikan sentrum di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

5. Pembentukan Komisariat Desa/Kelurahan
            Setelah pembentukan PAC Bombana sudah terbentuk, maka Ketua Cabang  Bombana akan membentuk komisariat tiap-tiap RT/RW dan mengadakan berbagai macam bentuk kegiatan utamanya proses kaderisasi yang berkesinambungan sampai akhir zaman di tiap -tiap kecamatan,dan setiap kegiatan – kegiatan yang akan di lakukan oleh ketua PAC langsung menyentuh atau di rasakan oleh seluruh masyarakat bombana,dan pemateri – pemateri yang akan di hadirkan adalah tokoh – tokoh pemerintahan propinsi sulawesi tenggara,dan yang paling utama materi – materi yang akan di adakan adalah :
     ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
           
1.   Materi tentang Kehidupan Dunia                         2.   Materi tentang Sumberdaya Manusia
3.   Materi tentang Pertanian                                       4.   Materi tentang Perikanan
5.   Materi tentang Peternakan                                    6.   Materi tentang Kebudayaan
7.   Pengaru Media terhadapKehidupan Sosial           8. Materi tentang Manajemen Ekonomi
9.   Materi tentang Hukum                                          10. Materi tentang Sosial Politik
11. Materi tentang Kebugaran Jasmani

Materi – materi di atas adalah materi  materi yang utama dalam proses kaderisasi dan akan di adakan tiap dua minggu sekali di sekretariat komisariat tiap RT/RW Bombana, agar masyarakat dapat mengetahui tata cara dalam menjalankan proses kehidupan di dunia, lebih khususnya mampu membedakan mana yang harus di jadikan sentrum di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan terlepas dari kerusakan serat kehancuran moral, etika, dan estetika, serta melahirkan generasi-generasi yang muda yang integritas, inofatif, kreatif, dan berkualitas.

Program Berkesinambungan:
1.      Demi menjaga kestabilan kegiatan yang berkesinambungan, pengurus cabang dan anak cabang serta komisariat desa akan mengadakan kegiatan keagamaan, antaralain:
·         pengajian anak anak, dan umum, yang akan dilaksanakan dua kali dalam seminggu yang berkedudukan di sekretariat masing-masing.
·         tiap bulan akan diadakan lomba dalam berbagai kegiatan dan diutamakan kegiatan kerohanian, dengan tujuan meredam perkembangan premanisme dalam lingkup tiap tiap wilayah kepengurusan atau cabang.
2.      Program meningkatan sumberdaya manusia dengan pembagian jenis kegiatan sebagai berikut:
·         penyuluhan dan pelatihan bidang pertanian dan perkebunan, yang akan dipandu oleh ahli pada tiap tiap bidangnya, dan bekerjasama pada dinas yang bersangkutan.
·         penyuluhan dan pelatihan bidang peternakan yang akan dipandu oleh ahlinya, serta bekerjasama dengan dinas yang bersangkutan. penyuluhan bidang perikanan, yang akan dipandu oleh ahlinya, serta bekerjasama pada dinas yang bersangkutan
·         penyuluhan bidang dan seminar sosial ekonomi, yang akan dipandu oleh ahli pada tiap tiap bagianya, dan bekerja sama kepada pihak pemerintah
·         pelatihan dan bimbingan kreatifitas yakni industri rumahtangga dan industri makro lainya, yang akan dipandu ole ahlinya pada tiap tiap bidangnya, serta bekerjaasama langsung dengan dinas yangbersangkutan.
3.      Program pengembangan koperasi tiap tiap cabang dan komisariat, untuk menampng hasil kerajinan atau hasil pertanian serta lainya tergantung keadaan wilayah sekitarnya, agar dapat mempermudah masyarakat untuk menjual hasil usahanya masing masing.
4.      Membangun hubungan dagang kepada pihak perusahaan swasta diberbagai kota dan propinsi untuk menjual hasil tampungan koperasi dari tiap tiap cabang.

      


ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
                                               

Pelindung Penasehat Kegiatan:

Tuhan Yang Maha Esa

SteringKomite:
v  Bramm Barakatino
v  LD. Hidayat
v  Jainal Suaib Noha
v  Muh. Lukman
v  Dzainudin Al Syakhi
v  Asrun Sadhari
v  Muliati, S.Pd
v  LD. Abd. Rahman, SH
v  Iskandar Nurdin (Ex-Officio)

Mengetahui:



Iskandar Nurdin                                                                               Abdulla Ali Arab
Ketua Panitia                                                                                     Sekretaris Panitia
Menyetujui:




Bramm Barakatino                                                                           Hartin Maris
Ketua Umum                                                                                     Sekretaris Umum


Disepakati:
                                     Kebijaksanaan Agung




Musyafir                                                                                            Arifin
Ketua                                                                                                  Sekretaris




  ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
                                SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
           
Estimasi Anggaran Deklarasi Cabang Bombana:

No
Nama barang
Satuan
Keterangan
Jumlah
HargaRp
Total harga
1.
Kertas HVS
Rim
beli
3
35.000,00
105.000,00
2.
Tinta print
Paket
Beli
2
50.000,00
100.000,00
3.
Fulpen
Dos
Beli
2
20.000,00
40.000,00
4.
Kamera
Unit
Beli
1
2.000.000,00
2.000.000,00
5.
Mobil
Unit
Sewa
3
400.000,00
1.200.000,00
6.
Spanduk
Lembar
Beli
8
400.000,00
3.200.000,00
7.
Bendera
Lembar
Beli
5
50.000,00
250.000,00
8.
Sounsistem
Set
Sewa
1
1.000.000,00
1.000.000,00
9.
Akua
Dos
Beli
8
30.000,00
240.000,00
10.
Nasi kotak
Dos
Beli
100
15.000,00
1.500.000,00
Total : Rp 9.635.000,00 (SembilanjutaEnamratusTigapululimaRibu Rupiah)
Total keseluruhan : Rp 12.635.000,00 (duabelasjutaEnamratusTigapululimaRibu Rupiah)

No
Biaya Takterduga
1.
Rp 3.000.000,00(TigaJuta Rupiah)

Susunan Panitia sebagai berikut :

Seksi Pengadaan                               Seksi Konsumsi                      Seksi Keamanan

Ketua : Aldin                                      Ketua: Yeni Kartika Sari        Ketua: La Awal
Renja                                                   Hartin Maris                            Anas
Iskandar                                              Herman Syah                          Iman
Rahman                                               Arifin                                      Ruslan

Seksi Pub, Dek, Dok.                                    Seksi Perlengkapan               Seksi Acara

Ketua : Dianto Saputra                       Ketua: Ruslan                         Ketua:             LD. Hajidun
Aco Kusnandar                                   Arifin Saputra                         Boy
Ruslan Rerega                                     Musyafir                                  Komeng
Sitti Hajar Ridiakarno Pelanto            Erna Yunita                             Rahman Abunawas
Daud Jaja Kiloma                               Sahbudin R.                            LD. Abdul Kudus


                                                                 





ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
                                SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
                       
Bagi saudara /(i) yang turut berpartisipasi terhadap kegiatan deklarasi ini, kami anggap sebagai  pelindung penasehat atau stering komite dalam organisasi kami, serta kami garansikan kontribusi yang sama dari kami sesuai kebutuhan dan keperluanya kedepan.

Dengan maaf yang sebesar-besarnya, saya selaku ketua umum Organisasi Pemerhati Masyrakat Sulawesi Tenggara mengharapkan kepada siapapun yang berpartisipasi agar bisa memberikan alamat serta nomor telepon secara tertulis yang disertai tanda tangan.
Sekian dan terima kasih atas kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

No.
Nama
J. Partisipasi
TTD
No. Hp
1.





2.,





3.





4.





5.





6.





7.





8.







ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
                                SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
           
No.
Nama
J. Partisipasi
TTD
No. Hp
9.





10.,





11.





12.





13.





14.





15.





16.





17.





18.





19.





20.





21.





22.





ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT
                                SULAWESI TENGGARA
(OPM-Sultra)
Sekretariat : Lingkungan Eks. PGSD Wua-Wua Jaya
                       







                              
PROPOSAL
DEKLARASI ORGANISASI PEMERHATI MASYARAKAT SULAWESI TENGGARA
CABANG BOMBANA
(OPM-Sultra)
TAHUN 2015









Comments

Popular posts from this blog

"ASRUN DAN LILIS RAJIN KEPASAR"

proposal rumah singgah

DATA DIRI HASAN JUMADIN